Pemanfaatan Teknologi Masa Kini

Hallo hallo hallo ~(^-^)~
Hmm.. kali ini saya mau bahas tentang aplikasi yang sering saya pakai, karena saya suka makan ya suka kuliner begitu-begitu lah pokoknya. Kalau lagi weekend saya sering makan di luar sama keluarga atau sama teman, nah.. kalau mau makan di luar saya sering cari info tempat makannya dulu nih pakai aplikasi yang namanya zomato. Ada yang tau zomato??? Yang sering makan di luar atau yang suka kuliner pasti tau aplikasi ini. 



Yupp Zomato adalah situs pencarian restoran (Online Restaurant Guide) yang menyediakan informasi dine-out restaurants, delivery restaurants, desserts and bakes, cafes, pubs, bars, and nightlife spots untuk kota-kota di Indonesia, India, Turki, Selandia Baru, Filipina, Afrika Selatan, Sri Lanka, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Situs ini berasal dari India, berawal dengan nama Foodiebay.com, Zomato didirikan oleh Deepinder Goyal dan Pankaj Chaddah yang merupakan sarjana IIT Delhi di New Delhi, India.

Konon ide pendirian hingga menjadi zomato ini secara tidak sengaja saat Deepinder dan Pankaj ingin membantu rekan-rekan kerjanya memilih pesanan untuk makan siang di antara brosur-brosur menu yang bertebaran di kantor menjadi lebih mudah serta menghindari antrian panjang saat makan siang. Foodiebay resmi berdiri pada Juli 2008 dengan 1.200 daftar restoran di Delhi NCR dan pada 14 November 2010, Foodiebay.com berubah menjadi Zomato.com. Perubahan ini disebabkan oleh adanya kemungkinan untuk mengembangkan bisnis di luar vertikal kuliner dan untuk menghindari konflik yang dapat terjadi dengan eBay, karena nama Foodiebay memiliki kata ‘ebay’ di dalamnya. Pada tahun 2011 zomato meluncurkan versi perangkan iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry.

Di Indonesia sendiri, zomato telah beroperasi di Jakarta dan Bali dengan memberikan ulasan dan informasi menu dari total 30.000 restoran. Yang bagus dari zomato ini yaitu para restoran tidak bisa membayar untuk mendapatkan rating, atau bahkan mengapus ulasan yang dibuat oleh para pengguna. Walaupun begitu pasti ada kemungkinan pengguna yang memberikan ulasan yang buruk dan tidak objektif, sehingga pihak zomato suda h mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut dengan algoritma mereka. Selain itu, zomato bisa terus memuaskan pengguna dengan tidak mengizinkan restoran untuk membayar sejumlah uang agar bisa muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian, dan dapat dikatakan hasil pencarian yang muncul adalah murni organik berdasarkan kepopuleran. Meski tidak menerima uang, mereka tetap menyediakan ruang untuk beriklan di platform yang dapat digunakan oleh pemilik restoran.

Itulah sedikit penjelasan tentang sejarahnya nah sekarang hal apa aja sih yang dapat kita peroleh dari aplikasi ini? Lets check this out!



Zomato memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari informasi berkaitan dengan restoran, bar, dan klub. Pada tab Home kita disuguhkan pilihan restoran recommended yang berada di sekitar kita. Selain itu kita juga bisa mengubah lokasi sesuai keinginan atau mendeteksi lokasi kita, karena saya tinggal di Bogor Utara jadi secara otomatis lokasi yang muncul di Bogor. Selanjutnya di pojok kanan atas ada simbol search dan yang sebelahnya adalah simbol bookmarks.



Selain mencari lokasi nya kita juga dapat mencari dengan nama restorannya dan disediakan pula quick search dengan kategori dinner, delivery, lunch, breakfast, drinks & nightlife, cafes, luxury dining, desserts & bakes, buffet places, dan food courts. Sedangkan untuk bookmarks, kita dapat melihat list restaurant yang sudah ditandai dan bisa di filter dengan pilihan open now atau not been there.



Lanjut ke tab kedua yaitu collection, tab ini berisikan restaurant yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategorinya seperti koleksi yang paling atas itu Trending this week, readers pasti tau lah maksudnya.

Next tab yang ditengah itu yang berwarna merah sendiri adalah tempat kita menambah ulasan. Disediakan menu untuk menambah foto, menambah review dan membuat koleksi baru, misalnya kita ingin membuat koleksi makanan favorit kita atau restaurant yang worth it menurut kita. Zomato turut memberikan fasilitas kepada pengguna yang terdaftar untuk mengirim ulasan dan menilai (dalam skala 1-5) tempat tersebut. Menampilkan penilaian total (berdasarkan penilaian oleh pengguna) untuk setiap tempat.



Posisi tab yang keempat ada feed, istilah lain feed kalau menurut sosmed tuh timeline. Ya feed ini berisikan postingan review dari para pengguna zomato, kita bisa like, comment and share postingan tersebut. Dan tab yang terakhir itu tab Account disinilah fasilitas untuk mengatur akun zomato kita. Selain itu, zomato juga menjalin kerja sama dengan Instagram, sehingga kita bisa mengunggah foto ke Instagram dan Zomato dalam waktu yang bersamaan.


Ada juga fasilitas leaderboard, ini berisikan peringkat pengguna yang memiliki point tertinggi dari hasil review, photo ataupun postingan blog. Point bisa didapatkan dari hasil review selama enam bulan terakhir dan setiap review mendapat 25 point, 2 point untuk setiap photo dan 25 point untuk setiap postingan blog dengan spoonback (feedback).

Saat kita memilih restaurantnya informasi yang ditampikan disertai dengan nama tempat, kontak, alamat, menu, foto, ulasan, lokasi pada peta (dengan Google Maps) dan juga acara yang diadakan di tempat tersebut.


Hal menarik lain dari zomato adalah fitur pemesanan uber yang bisa dilakukan langsung melalui aplikasi zomato. Nantinya kendaraan yang kita pesan akan langsung mengantarkan kita ke lokasi restoran yang dituju. Selain itu, mereka juga tengah mengembangkan fitur pemesanan makanan, seperti yang tersedia di Go-Food dan GrabFood.

Zomato juga menyediakan informasi yang berkaitan dengan waktu masakan disajikan, jam buka, rata-rata biaya makanan untuk 2 orang, pembayaran dengan kartu kredit, juga fasilitas seperti ketersediaan AC, area merokok, WiFi, harga tiket masuk, live music, dan tempat duduk di luar. Untuk tempat yang menyajikan minuman beralkohol, zomato menyediakan informasi untuk happy hour dan rata-rata harga 1 botol bir. Zomato juga memberikan label khusus untuk memudahkan pengguna mengetahui sebuah restoran memiliki layanan pesan-antar, makan di tempat, menyajikan menu non-vegetarian, dan tersedia alkohol.

Di tahun 2015, kategori makanan yang paling banyak dicari adalah sushi. Namun pada tahun 2016, sushi harus berada di posisi kedua, karena posisi mereka digantikan oleh makanan Korea. Tiga jenis makanan lain yang juga banyak dicari oleh masyarakat Indonesia adalah makanan Jepang, makanan penutup, serta makanan asli Indonesia. Kafe dan kedai kopi menjadi jenis restoran paling banyak dicari sepanjang tahun 2016. Sedangkan untuk kategori lokasi, Zomato menemukan banyak pencarian untuk daerah Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Senopati, Kemang, dan Tebet.

Saya rasa cukup untuk pembahsan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan, terima kasih sudah membaca~.








Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Zomato
https://id.techinasia.com/strategi-zomato-untuk-merebut-pasar-platform-kuliner-tanah-air






19 komentar:

  1. Sangat menarik aplikasi yang dapat. Dimanfaatkan semoga ada beberapa aplikas lagi yang dapat dipergunakan dengan baik. Semangat

    BalasHapus
  2. Makasih infonya jadi tau cari resto resto terkini

    BalasHapus
  3. Nice article! Thankyouuu infonyaa

    BalasHapus
  4. Keren mba, mayan aplikasi nya buat nambah hunting kuliner hahaha

    BalasHapus
  5. Mantap melaaa

    BalasHapus
  6. Mantap gannn keren artikelnya!

    BalasHapus
  7. TERIMAKASIH CEKGU

    INFORMASINYA

    BalasHapus
  8. wow jadi ga laper lagi deh ini mah

    BalasHapus
  9. mancay nice info, kapan-kapan kuliner bareng ya

    BalasHapus
  10. Waah artikel yg menarik ya ini

    BalasHapus
  11. Bermanfaat nih bagi gue yg suka makan,wkwkwk thanks mela infonya! :D

    BalasHapus
  12. mantaaap ...!!! keren.. makasih infonyaaa :)

    BalasHapus
  13. SEPP!!!
    Artikel bagus nih, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita semua ^0^/

    BalasHapus
  14. Makasih infonya Melatii, jadi tau nih mau wisata kuliner ke mana aja, tapi belum tau mau wisatanya sama siapa :"

    BalasHapus
  15. jadi sebenernya ini blog atau cafe? bisa ngopi gak disini?

    BalasHapus
  16. Waaaa makasih infonyaa👍

    BalasHapus
  17. Waaaa makasih infonyaa👍

    BalasHapus