Kerjasama Kelompok





1.      Pengertian dan Karakteristik Kelompok

Komunikasi dalam kelompok yaitu interaksi antara tiga orang atau lebih dengan tujuan memenuhi kebutuhan, berbagi informasi, berdiskusi, menyelesaikan permasalahan yang setiap anggotanya saling mempengaruhi. Karakteristik dari suatu kelompok antara lain:
a.       Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal ataupun nonverbal.
b.      Anggota kelompok atau team harus mempunyai pengaruh satu sama lain agar dapat diakui menjadi anggota.
c.     Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat saling menjaga anggota kelompok dan berfungsi sebagai suatu unit.
d.      Anggota kelompok adalah orang yang memiliki minat dan mempunyai tujuan yang sama.
e.    Individu yang tergabung dalam suatu kelompok saling mengenal satu sama lain dan dapat membedakan yang mana anggota dan bukan anggota kelompoknya.

2.      Tahapan Pembentukan Kelompok

Syarat membangun teamwok:
a.       Jangan bersikap individualistis
b.      Berikan kontribusi pada kelompok
c.       Bersikap fleksibel
d.      Komunikasi
e.       Komitmen
f.       Kepercayaan dan saling menghargai
g.      Patuhila pemimpin

Ada 5 tahap dalam pembentukan kelompok:
Tahap 1 : Forming
Tahap pertama adalah tahap pembentukkan. Kelompok baru saja dibentuk dan diberi tugas. Anggota kelompok cenderung bekerja sendiri walaupun memiliki itikad baik dan mempunyau tujuan yang sama, namun anggota kelompok masih belum saling mengenal dan saling percaya.
Tahap 2 : Storming
Pada tahap ini anggota kelompok mulai mencurahkan dan mengembangkan ide mereka yang berhubungan dengan tugas. Mulai membahas permasalahan yang harus diselesaikan dan saling terbukan antar sesama anggota.
Tahap 3 : Norming
Diantara anggota kelompok terdapat kesepakatan dan konsensus. Mulai mempercayai satu sama lain serta peranan dan tanggung jawab masing-masing anggita sudah jelas.
Tahap 4 : Performing
Pada tahap ini anggota kelompok saling bergantung satu sama lain dan saling respect dalam berkomunikasi. Sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar tanpa adanya konflik yang tidak perlu.
Tahap 5 : Adjourning dan Transforming
Ditahap ini proyek telah berakhir dan kelompok pun membubarkan diri. Ketika mengalami perubahan kelompok dapat kembali ke tahap mana saja.

3.      Kekuatan Team Work

Team work atau kerja sama tim merupakan peleburan berbagai individu menjadi satu pribadi yang guna mencapai tujuan bersama dengan target yang telah disepakati bersama. Dalam sebuah tim dibutuhkan kemauan untuk saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika salah satu anggota tidak ahli atau tidak dapat menyelesaikan tugasnya dapat dibantu oleh anggota yang lain  sehingga beban dibagi untuk satu tujuan bersama. “Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci dari teamwork”. Harus saling menyelaraskan hubungan dalam kelompok jangan sampai terjadi perselisihan, agar kehidupan tim tidak terganggu. Sehingga dalam suatu kelompok kebersamaan setiap anggota di atas segalanya.
Poin-poin dalam teamwork yang baik :
-          Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari berbagai divisi dan kepentingan.
-          Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa’.
-          Dalam teamwork harus mengesampingkan segala ego pribadi, dan sektoral.
-          Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota tim akan menjadi modal sukses bersama.
-          Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
-       Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak saling pengertian.
-          Target yang harus dikejar adalah tujuan bersama, bukan individual.
-          TEAMWORK MAKES THE DREAM WORK”




Sumber :
31266_Teori Organisasi Umum 2 lengkap.docx
Image from google

0 komentar:

Posting Komentar